Microsoft dikabarkan tengah mempersiapkan kehadiran jam tangan pintar atau smartwatch yang dapat tersinkronisasi dengan ponsel Android, iPhone dan Windows Phone serta didukung sensor pengukur detak jantung yang bekerja non-stop, demikian dilaporkan Forbes (29/5/2014).

Perangkat yang belum diketahui namanya tersebut dikabarkan akan dilengkapi layar penuh warna dengan teknologi sentuh seperti yang hadir di Samsung Galaxy Gear Fit. Namun, layar tersebut diletakan dibagian dalam pergelangan tangan agar mudah digunakan dan lebih bersifat pribadi saat pengguna menampilkan berbagai notifikasi.

Untuk menghadirkan sensor yang mampu mengukur detak jantung siang dan malam tanpa henti, Microsoft memanfaatkan keahlian rekayasa optik dari teknisi di divisi Xbox Kinect. Divisi tersebut bekerjasama dengan para ilmuwan data untuk mengoptimasikan sensor dan menciptakan platform software yang komprehensif.

Sementara itu, jika berita mengenai kemampuan Microsoft smartwatch bekerja antar platform tersebut benar, maka hal ini mewakili lompatan besar yang dilakukan CEO Microsoft Satya Nadella. Melalui sebuah konferensi di awal minggu ini, Nadella menekankan bahwa layanan dan software Microsoft perlu dihadirkan di seluruh perangkat. “Ini waktunya bagi kita untuk membangun hal besar selanjutnya,” ujar Nadella.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kebenaran berita hadirnya Microsoft Smartwatch . Jurubicara Microsoft pun tidak bersedia berkomentar dan hanya menyatakan belum ada hal yang dapat dibagikan. Namun menurut laporan Forbes, smartwatch yang baterainya diklaim mampu bertahan selama dua hari ini kemungkinan akan hadir di musim panas, di waktu yang berdekatan dengan isu akan diluncurkannya Apple iWatch.

LEAVE A REPLY