Microsoft Corp pada hari Selasa (27/5/2014) waktu setempat memperkenalkan versi ujicoba dari layanan penterjemah suara real-time untuk panggilan Skype. Fitur ini didemonstrasikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella pada suatu sesi wawancara di panggung acara Recode Code Conference di Rancho Palos Verdes, California.

Dalam acara tersebut, Nadella melakukan percakapan dengan pimpinan Skype – Gurdeep Singh Pall yang menggunakan bahasa Jerman, dimana Skype menghadirkan terjemahan real-time dari bahasa Jerman ke Inggris dan sebaliknya, demikian dilaporkan CNet (27/5/2014).

Saat ini fitur Skype Translator telah mendukung sekitar 40 bahasa. Diharapkan layanan tersebut dapat bergulir akhir tahun ini bersamaan dengan versi beta Windows 8 dan akan hadir di seluruh perangkat, demikian dijelaskan Nadella. Namun belum dijelaskan apakah layanan ini akan ditambahkan ke Skype secara gratis atau dikenakan biaya tambahan.

Teknologi terbaru ini pernah didemonstrasikan oleh Microsoft sekitar satu setengah tahun lalu di Cina. Kehadiran terjemahan suara Skype Translator ini merupakan peningkatan dari fitur terjemahan teks yang selama ini dihadirkan oleh Microsoft melalui mesin pencari Bing dan browser Internet Explorer.

Melalui sebuah posting blog perusahaan, Pall menjelaskan bahwa teknologi ini masih dalam tahap awal, namun Skype Translator diyakini akan membuka banyak peluang komunikasi di segala bidang, termasuk pendidikan, diplomasi, hubungan keluarga dan bisnis.

LEAVE A REPLY