Selain Smartphone dan Tablet, Samsung memperkenalkan printer laser tipe C410W, C460W, dan C460FW menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC) di Korea Selatan, Senin (19/4/2014).

Seperti diketahui teknologi Near Field Communication (NFC) umumnya digunakan oleh smartphone, tablet atau kamera digital untuk melakukan komunikasi data tanpa kabel. Namun, kali ini Samsung mengadopsi teknologi NFC ke dalam printer lasernya.

Ketiga printer laser NFC yaitu Samsung C410W, C460W, dan C460FW yang masuk kategori printer Xpress C4XX Series ini bisa langsung mencetak dokumen dengan hanya menempelkan perangkat yang telah menggunakan NFC juga.

“Tinggal tap (sentuhkan) perangkat yang menggunakan NFC ke printer. Dokumen siap tercetak,” kata Hyaesung Ha, VP Leader of Product Strategy Goup Printing Solution Business Samsung, di Suwon, Korea Selatan, saat memberitahu cara menggunakan printer laser Samsung C410W, C460W, dan C460FW didepan sejumlah wartawan.

Selanjutnya dikatakan, teknologi NFC yang ada pada printer Xpress C4XX series ini mampu mencetak semua jenis format file seperti foto, dokumen, e-mail, PDF, dan konten web.

Ketiga tipe seri printer Samsung NFC ini memiliki fungsi beragam seperti Printer laser warna Samsung C410W berfungsi untuk mencetak dokumen, Printer laser warna Samsung C460W selain mencetak dokumen bisa berfungsi juga sebagai mesin fotokopi dan scanner, dan printer laser warna Samsung C460FW selain cetak dokumen, mesin fotokopi, dan scanner, juga berfungsi sebagai mesin fax.

Printer laser teknologi NFC pertama Samsung ini diklaim ramah lingkungan yang menghemat biaya hingga 20 persen, hanya dengan menekan tombol ‘eco‘.

Kemampuan lain printer Samsung C410W, C460W, dan C460FW adalah bisa mencetak hingga 18 halaman per menit untuk hitam-putih dan 4 halaman per menit untuk warna.

Samsung menyediakan aplikasi khusus yaitu Samsung Mobile Print untuk menghubungkan dengan printer yang dapat diunduh di Play Store, Samsung Store, App Store dan Windows Store.

Jadi perangkat berbasis sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone bisa menggunakan fitur WiFi/WiFi Direct yang terdapat di ketiga printer Xpress C4XX ini untuk mencetak langsung dari ponselnya.

Baik printer Samsung C410W, C460W, dan C460FW akan mulai dipasarkan pada Juni mendatang dimulai dari Korea Selatan, kemudian negara-negara lain termasuk Indonesia.

Mengenai harga printer laser Samsung C410W, C460W, dan C460FW NFC, belum di rilis secara resmi oleh pihak Samsung.

LEAVE A REPLY