Xiaomi, perusahaan gadget asal Cina, pada 15 Mei 2014 merilis produk tablet pertamanya bernama Mi Pad yang memiliki ukuran dan bentuk serupa iPad Mini, namun dalam versi plastik. Tablet tersebut didukung layar ukuran 7.9 inch dengan resolusi setara Apple Retina Display dan ditenagai prosesor Nvidia Tegra K1.

Jika dilihat dari jauh, Mi Pad sangat mirip dengan iPad Mini. Didukung layar berukuran sama persis (7.9 inch) serta memiliki aspek rasio (4:3) dan resolusi (2048 x 1536 pixel) sama dengan Retina Display di iPad Mini. Perbedaan utamanya ada di bahan dasar. Xiaomi menggunakan bahan dasar plastik, bukan alumunium seperti yang digunakan Apple, dengan variasi warna-warna pastel.

Untuk sistem operasinya, Mi Pad dijalankan dengan versi kustomisasi dari Android yang disebut MIUI, berbasis Android 4.4.2 KitKat. Uniknya, menurut laporan dari Cnet (15/5/2014, tampilan MIUI terlihat lebih mirip iOS 7 sehingga pengguna serasa menjalankan OS Apple pada tablet Android.

Di sisi dapur pacu, Xiami Mi Pad didukung spesifikasi papan atas antara lain prosesor Nvidia Tegra K1 quad core 2.2GHz, RAM 2GB, variasi penyimpanan internal (16GB atau 64GB) dengan slot kartu microSD dan baterai 6700mAh. Kamera 8MP berperan sebagai kamera utama, sementara kamera depan bersensor 5MP.

Keunggulan lainnya terdapat di sisi harga jual. Xiaomi membanderol Mi Pad versi 16GB sekitar harga US$240 dan versi 64GB di kisaran US$270. Rencananya perusahaan akan meluncurkan Mi Pad versi ujicoba pada Juni mendatang di Cina. Belum ada informasi mengenai kehadirannya di toko-toko retail maupun negara mana saja yang akan dikunjungi Xiami Mi Pad.

LEAVE A REPLY