Vero Labs, perusahaan pemula (startup), memperkenalkan kunci sepeda bertenaga surya bernama Skylock yang dapat tersinkronisasi dengan smartphone dan cloud. Kunci sepeda ini mampu memperingati pengguna jika terjadi ancaman pencurian atau memberitahu responden tertentu saat terjadi tabrakan serta memungkinkan pengguna pinjam meminjam sepeda bergaya Airbnb.

Seperti dilansir dari Cnet (15/5/2014), Jack Al-Kahwati – salah seorang penemu dari Vero Labs mengatakan, “Sebagai mantan teknisi Boeing saya telah bekerja  bertahun-tahun di bidang tank, helikopter dan pesawat, dan berbagai jenis transportasi ini telah membuat langkah maju dalam hal keamanan dan konektivitas (sementara) sepeda masih terjebak di abad 19. Kami mengambil tantangan untuk membawa sepeda ke masa depan.”

Tampilan Skylock mirip seperti kunci gembok sepeda biasa, namun jika dicermati kunci ini dilengkapi baterai bertenaga surya serta akselerometer yang akan secara otomatis mengirim peringatan real-time bila kunci dirusak. Skylock terhubung dengan smartphone via Bluetooth ke aplikasi khusus baik di iOS maupun Android.

Di sisi daya, ketika baterai disinari matahari selama sekitar satu jam, maka pengguna dapat menggunakannya untuk sekitar satu minggu. Sementara dalam kondisi penuh, baterai dapat digunakan sekitar sebulan, demikian penjelasan perusahaan.

Skylock akan dijual di harga US$249, namun saat ini perusahaan sedang menyelenggarakan kampanye pendaan dimana konsumen dapat membelinya dengan harga diskon US$159. Vero Labs berencana mulai mengapalkan Skylock di akhir tahun ini.

LEAVE A REPLY