Intel dan Google akan menghadirkan Chromebook model baru yang akan tersedia musim panas ini melalui sederet produsen komputer ternama termasuk Lenovo, Acer, Dell, Asus, LG dan Toshiba. Laptop murah dan ringan ini akan dijalankan dengan OS Google Chrome dan ditenagai generasi terbaru microprosesor Intel.

Dalam acara media di San Fransisco – California hari Selasa (6/5/2014), VP dan GM Intel grup klien mobile platform – Navin Shenoy mengatakan bahwa pembuat hardware dalam tahun ini diharapkan akan menghadirkan 20 model dari komputer bergaya clamshell tersebut, meningkat dari 4 model yang hadir tahun lalu, demikian dilansir dari Wall Street Journal (7/5/2014).

Chip Atom Intel Bay Trail versi mobile atau disebut chip Bay Trail-M yang digunakan di berbagai Chromebook model baru ini akan diberi merek Celeron, merek yang dalam sejarah Intel terkait dengan harga murah dan komputer kelas pemula. Menurut pimpinan Intel, Chromebook yang menggunakan chip Bay Trail-M tersebut umur baterainya akan mampu bertahan hingga 11 jam.

Kehadiran chip Bay Trail-M juga akan dilengkapi fitur konektivitas Wi Fi 802.11ac. Navin juga menambahkan, chip ini akan mampu mengoperasikan aplikasi web empat kali lebih cepat dibanding arsitektur alternatif lainnya atau tiga kali lebih cepat saat membuka aplikasi OS Chrome seperti QuickOffice.

Rangkaian Chromebook terbaru akan dijual di kisaran harga US$300 hingga US$400. Berbagai Chromebook bertenaga Intel ini diprediksi akan menjadi saingan berat berbagai laptop konvensional yang menggunakan OS Microsoft Windows.

LEAVE A REPLY