Setelah beberapa waktu lalu Facebook mengumumkan terpisahnya fitur Messenger dari aplikasi utama Facebook, akhirnya pengguna Windows Phone mulai Senin (21/4/2014) mendapat kesempatan untuk mencicipi aplikasi ini secara gratis. Bagi yang berminat, dapat mengunduh aplikasi tersebut secara gratis melalui Windows Phone Store. Pada aplikasi tersebut akan tampil foto-foto profil orang yang telah menjadi sahabat Facebook pengguna.

Aplikasi Facebook Messenger di Windows Phone  akan menampilkan 3 layar tab yang dapat dinavigasi dengan digeser. Ketiga tab tersebut terdiri dari ‘Recent‘ – menampilkan daftar perbincangan terakhir dengan teman Facebook, ‘Messenger‘ – memperlihatkan deretan teman yang dapat dihubungi lewat Facebook Messenger dan ‘Active‘ – berisi daftar teman Facebook yang sedang online dan dapat ditelepon. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai bentuk sticker digital yang dapat diunduh lewat tombol smiley. Pengguna juga dapat mengunggah foto dari drive atau langsung dari kamera smartphone dengan menekan tombol foto. Bagi yang ingin ngobrol bareng, Facebook Messenger juga menyediakan fitur group.

 

Bersaing dengan berbagai layanan berkirim pesan, menurut PC Magazine (17/4/2014), aplikasi Facebook Messenger memiliki keunggulan tersendiri antara lain jumlah pengguna aktif jejaring sosial tersebut yang telah mencapai lebih dari 1,2 juta. Pengguna juga tidak perlu repot-repot menambah kontak apabila telah berteman di Facebook. Tidak seperti WhatsApp, aplikasi ini tidak membutuhkan nomor handphone pengguna. Namun bagi pengguna pemula Facebook Messenger diperingatkan bahwa penerima pesan dapat mengetahui secara detail lokasi si pengirim, kecuali menekan tombol berbentuk lingkaran yang berada di sisi kolom pesan.

LEAVE A REPLY