Akuisisi yang dilakukan Facebook terhadap WhatsApp senilai US$19 juta di awal tahun ini diikuti beberapa perubahan baru yang cukup signifikan. Menurut laporan dari TechCrunch pada 9 April 2014, Facebook mengambil langkah ekstrim dengan mulai mengingatkan pengguna bahwa mereka tidak lagi memiliki pilihan untuk mengirim dan menerima pesan di aplikasi Facebook untuk iOS dan Android. Selanjutnya, layanan obrolan (chating)  di perangkat mobile tersebut dapat dilakukan dengan mengunduh Facebook Messenger sebagai aplikasi yang berdiri sendiri.

Pemberitahuan tentang perubahan ini telah dilakukan ke sejumlah pengguna di Eropa dan mereka memiliki waktu sekitar 2 minggu serta akan melihat serangkaian tanda sebelum fitur berkirim pesan tersebut menghilang dari aplikasi mobile Facebook dan persyaratan untuk mengunduh Messenger mulai dilakukan. Secara bertahap seluruh pengguna aplikasi Facebook juga harus melakukan hal yang sama agar tetap dapat melakukan chating secara mobile.

Menurut Facebook, Messenger akan bekerja lebih cepat dibandingkan layanan berkirim pesan yang dibenamkan dalam aplikasi utama Facebook. Memisahkan keduanya juga akan meningkatkan kecepatan aplikasi Facebook. Meski perubahan ini akan berdampak pada sebagian besar pengguna aplikasi mobile Facebook, namun tidak termasuk perangkat Android lower-end yang memorinya terbatas. Pengguna perangkat jenis ini tetap dapat mengobrol melalui aplikasi Facebook, demikian dijelaskan perusahaan.

LEAVE A REPLY