Rencana Google untuk memperketat pantauan terhadap kehadiran malware di berbagai perangkat berbasis Android pertama kali diberitakan pada bulan Februari lalu. Dan hari ini, Jumat (11/4/2014) melalui Official Android Blog, Google meresmikan penambahan fungsi monitoring tersebut melalui layanan Verify Apps. Pada postingan di blog tersebut dijelaskan secara rinci bahwa penambahan fungsi pemindai malware berkesinambungan tersebut bertujuan untuk menghindarkan smartphone dan tablet dari aplikasi yang berpotensi membahayakan.

Verify Apps adalah aplikasi yang memantau keamanan suatu perangkat. Alat ini awalnya berfungsi untuk memindai setiap aplikasi yang diinstal dari luar Play Store, sementara aplikasi-aplikasi di Play Store sendiri sudah dipindai melalui sistem khusus. Namun dengan update terbaru, Verify Apps akan secara terus menerus memantau aplikasi-aplikasi yang terinstal di suatu perangkat, memastikan bahwa tidak ada aplikasi berbahaya tersembunyi yang menggunakan trik tertentu sehingga tidak terlacak saat pertama diinstal.

Verify Apps versi terbaru telah mulai diluncurkan dan mendukung perangkat yang dijalankan dengan system operasi Android versi 2.3 Gingerbread atau diatasnya. Menurut teknisi keamanan Android, Rich Cannings, aplikasi ini telah memindai lebih dari empat juta aplikasi selama setahun terakhir. Meski dalam kurun waktu tersebut hanya kurang dari 0.18% aplikasi Android yang ternyata berpotensi membahayakan setelah diinstal namun peningkatan fungsi pemindaian malware secara berkesinambungan akan lebih memastikan keamanan perangkat Android.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY