Pada hari Kamis (3/4/14) Facebook meng-update aplikasi Messenger dan menambahkan beberapa fitur baru serta fitur panggilan suara gratis yang dioperasikan melalui jaringan Wi Fi. Pada perangkat Android, Facebook menghadirkan Messenger versi 4.0, sementara untuk iOS menjadi versi 4.1. Dengan menggunakan Messenger versi terbaru, pengguna aplikasi tersebut akan mampu membuat panggilan telepon secara mudah dan gratis baik untuk panggilan suara lokal maupun interlokal, seperti fitur yang awalnya diperkenalkan di iOS awal tahun lalu.

Cara kerja fitur panggilan suara di Facebook Messenger sangat mirip dengan aplikasi berkirim pesan lain seperti WeChat dan Viber. Update Facebook Messenger ini dilakukan perusahaan seminggu setelah munculnya foto secara online menampilkan fitur panggilan suara di WhatsApp, fitur yang diisukan dalam tahap pengerjaan. Saat merilis update fitur ini, Facebook menulis, “Bicaralah selama yang Anda inginkan dan tetap terhubung dimanapun Anda berada.”

Selain penambahan fitur panggilan suara, update yang dilakukan Facebook untuk Messenger di Android juga meliputi fitur membentuk grup dan meneruskan pesan seperti fitur yang diluncurkan minggu lalu untuk pengguna iOS. Pengguna dapat menciptakan grup untuk orang-orang yang paling sering berkirim pesan, dilengkapi nama unik dan foto untuk membuat daftar kontak yang teratur. Sementara fitur meneruskan pesan membuat pengguna dengan mudah membagi pesan atau foto dengan seseorang yang tidak ada dalam pembicaraan.

Facebook Messenger untuk Android versi terbaru juga memungkinkan pengguna membuat jalan pintas (shortcut) sehingga mempermudah akses ke percakapan langsung dari layar awal. Pengguna dapat membuat ikon shortcut dari percakapan apapun dengan teman manapun. Saat shortcut ditekan, maka akan muncul jendela percakapan tersebut.

Facebook Messenger untuk Android versi 4.0 dapat diunduh melalui Google Play Store, sementara versi 4.1 untuk iOS telah hadir dan dapat diunduh di iTunes App Store.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY