Bill Gates dan Dato Sri Tahir
Credit image: philanthropy.org

Bill Gates, pemilik Microsoft dan orang terkaya didunia datang ke Indonesia. Diberitakan Gates datang dalam rangka menggalang dana bagi Indonesia Health Fund yang bertujuan memberantas penyakit khusus diIndonesia.

Dalam kunjungannya bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (5/4/2014), Bill Gates ditemani dua orang menteri Indonesia yaitu Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy. Serta Chairman dan CEO Grup Mayapada, Dato Sri Tahir, yang dikenal pengusaha dermawan dari Indonesia.

Pertemuan ini akan dihadiri oleh 120 undangan termasuk didalamnya 8 pengusaha asal Indonesia yang akan ikut menyumbang masing-masing US$ 5 juta.

Berikut 8 pengusaha Indonesia tersebut:

  • Hendro Gondokusumo, Presiden Direktur dan CEO Intiland
  • Adrian Bramantyo Musyanif, Chief Executive Officer Samali Hotels and Resorts
  • Luntungan Honoris, Presiden Komisioner of Modern Land
  • Ted Sioeng, Sioeng Group
  • Edward S. Soeryadjaya, The Principal of Ortus Holdings Limited
  • Henry J. Gunawan, Presiden Direktur Gala Bumi Perkasa
  • Benny Tjokrosaputro, Founder of PT Hanson International Tbk
  • Anne Patricia Sutanto, Presiden Direktur of PT Panca Prima Eka Brothers

Sebelumnya, Tahir melalui Tahir Foundation sudah pernah bekerjasama dengan Bill & Melinda Gates Foundation untuk mencegah dan menanggulangi penyakit menular didunia. Waktu itu Tahir menyumbang dana sebesar US$ 100 juta sehingga terkumpul menjadi US$ 200 juta.

Tahir mengatakan, kali ini Bill Gates ingin menggerakan pengusaha di Indonesia untuk jadi orang dermawan atau filantropi.

Dana yang dihimpun 75 persen akan digunakan untuk fokus pada 5 sektor problem kesehatan di Indonesia yaitu malaria, TBC, HIV-AIDS, demam berdarah, dan Keluarga Berencana (KB).

Dengan 8 pengusaha menyumbang masing-masing US$ 5 juta, jadi total US$ 40 juta. Kebiasaan yayasan Bill Gates, bagi yang menyumbang US$ 1 juta maka Gates juga akan menyumbang US$ 1 juta. Jika ada US$ 40 juta yang terkumpul maka Bill Gates akan menyumbang US$ 40 juta juga sehingga total dana untuk kemanusiaan buat Indonesia Health Fund menjadi sebesar US$ 80 juta atau setara Rp 900 miliar.

“Indonesia US$ 40 juta, Bill Gates US$ 40 juta jadi US$ 80 juta. Lembaga ini non pemerintah tapi tetap menggunakan prinsip-prinsip transparansi karena uang sumbangan. Selaku Menkokesra kami memfasilitasi agar mereka dimudahkan sehingga tidak ada kesulitan dan memperluas cakupannya dan memperbanyak volumenya,” ujar Menko Kesra Agung Laksono.

Setelah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Indonesian Health Fund, rencananya Bill Gates dan rombongan akan segera berangkat ke Singapura menggunakan pesawat pribadi.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY