Setelah aplikasi FireChat untuk pengguna iPhone diperkenalkan dua minggu lalu, mulai Kamis (3/4/14) aplikasi tersebut hadir untuk Android. Aplikasi yang menggunakan teknologi  wireless mesh networking ini  memperkenalkan cara baru berkirim pesan serta berbagi foto tanpa memerlukan layanan jaringan seluler atau koneksi internet.

Secara mendasar, aplikasi ini menggunakan teknologi seperti yang dibangun Apple di iOS 7 yaitu memungkinkan pengguna berbicara dalam lingkup tertentu melalui Wi Fi dan Bluetooth. Suatu hari nanti kemungkinan teknik yang digunakan di FireChat ini dapat menghubungkan ribuan perangkat dengan built-in radio dalam suatu rantai komunikasi online tanpa harus membayar akses. Keuntungan lainnya adalah, teknik ini memungkinkan seseorang melakukan komunikasi online dari daerah terpencil atau daerah yang tertimpa bencana tanpa memerlukan sinyal seluler atau Wi Fi.

Menurut laporan dari situs USAToday, aplikasi FireChat memiliki 2 pilihan mode: ‘Everyone’ atau ‘Nearby‘. Jika memilih mode ‘Everyone’ maka memungkinkan pengguna masuk ke ruang percakapan digital bersama 80 pengguna lainnya, secara acak, di suatu negara. Pilihan kedua akan membuat FireChat mampu beroperasi dengan baik di area sekitar 30 kaki atau 9 meter dari lokasi pengguna. Area jangkauan tersebut dapat diperlebar melalui kemampuan multi-hop dari Open Garden – pembuat aplikasi FireChat.

Cara penggunaannya pun sederhana, hanya menampilkan aplikasi ini dan mulai berkirim pesan, tanpa harus login atau memasukkan password tertentu. Seperti Snapchat, baik foto atau pesan yang dikirim akan terhapus seketika saat pengguna menutup aplikasi FireChat. Selain itu, percakapan dilakukan di jaringan yang disebut “off-the-grid” yang membuatnya sulit disusupi mata-mata atau pihak lainnya.

Meski FireChat hadir untuk perangkat berplatform Android dan iOS, namun aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi antar platform. Pengguna Android dapat menggunakannya dengan sesama pengguna Android. Sementara pemilik iPhone menggunakannya dengan sesama pengguna iPhone.

FireChat yang telah berhasil menduduki peringkat 10 besar pada kategori jejaring sosial di App Store di lebih dari 80 negara, dapat diunduh secara gratis melalui Google App Store.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY