News.HargaTop.com – Langkah mengejutkan diambil Facebook dengan mengakuisisi Whatsapp, aplikasi layanan kirim pesan yang mirip Blackberry Messenger pada Rabu (19/2/2014).

Tidak tanggung-tanggung, nilai dana akuisisi yang digelontorkan perusahaan media sosial terbesar ini adalah US$ 19 miliar atau setara Rp 228 trilin (kurs Rp 12.000).

Dalam kesepakatan antara pihak Facebook dan Whatsapp, pembayaran akan terdiri dari beberapa bagian. Pertama, Facebook akan membayar US$ 16 miliar dimana US$ 12 miliar akan dijadikan saham Facebook dan US$ 4 miliar dibayar tunai. Sisa US$ 3 miliar adalah berupa saham terbatas untuk pendiri dan karyawan Whatsapp selama 4 tahun.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyatakan, aplikasi WhatsApp adalah upaya untuk menghubungkan 1 miliar orang. “Saya gembira untuk bermitra dengan dia (whatsApp-red.) dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung,” kata Zuckenberg, Rabu (19/2).

Setelah proses transaksi selesai, Jan Koum, pendiri dan CEO WhatsApp, akan merapat ke Facebook sebagai Dewan Direksi. Namun menurutnya, WhatsApp akan tetap bekerja secara mandiri, sama seperti Instagram.

Selama ini whatsapp dikenal sebagai aplikasi kirim pesan lintas platform yang melayani sekitar 450 juta pengguna dengan 70 persen yang aktif dan 1 juta pendaftar setiap hari.

Facebook memang suka memberi kejutan menarik dalam proses akuisisi. Sebelumnya tahun 2012, raksasa media sosial ini pernah melakukan akuisisi terhadap instagram dengan nilai US$ 1 miliar. (Sumber: Reuters).

SHARE

LEAVE A REPLY