News.HargaTop.com – Rakuten melakukan langkah strategis dengan membeli aplikasi Viber sebesar US$ 900 juta atau setara Rp 10,7 triliun. Rakuten yang dikenal sebagai perusahaan ecommerce besar asal Jepang mengumumkan akuisisi terhadap Viber, aplikasi pesan instan, asal Siprus pada Jumat (14/2/2014).

Sebelum meng-akuisisi Viber, Rakuten juga pernah membeli Kobo, Wuaki.tv dan Viki namun membeli Viber adalah nilai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan. Seluruh transaksi jual beli antara Rakuten dengan Viber dijadwalkan rampung pada Maret 2014.

Viber sendiri saat ini cukup populer di Amerika, Australia, dan Rusia dengan jumlah sekitar 300 juta pengguna. Selain sebagai aplikasi layanan pesan instan, Viber juga hampir mirip aplikasi LINE yang bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon berbasis Voip, mengirim stiker dan membeli stiker, kecuali aplikasi game.

Dikutip dari TechCrunch, Hiroshi Mikitani, Chairman and CEO Rakuten, mengatakan “Saya sangat bersemangat untuk menyambut Viber dalam keluarga Rakuten.”

Lebih lanjut Mikitani berkata, Viber memberikan kualitas tinggi yang konsisten dan pesan yang mudah serta menyediakan pengalaman VoIP. Selain itu, Viber telah memperkenalkan pasar stiker yang besar dan memiliki potensi luar biasa sebagai platform game.

SHARE

LEAVE A REPLY