News.HargaTop.com – Terinspirasi dari menghadiri acara science fair dan melihat sebuah printer braille yang dijual pada harga sangat mahal US$ 2.000, Subham Banerjee, 12 Tahun mencoba untuk membuat Printer Braille dari Lego dengan harga hanya US$ 350.

Dikutip dari perkataan Banerjee yang sudah diunggah di youtube, Minggu (16/2/2014),”Lebih dari 200 juta orang di dunia ini buta dan 90 persen berasal dari negara-negara berkembang. Banyak orang telah berpikir secara komersial tentang membuat hal-hal keren dan saya sudah berpikir banyak tentang hal ini. Kita bisa mengurangi biaya dari US$ 2.000 menjadi US$ 350 hanya menggunakan permainan Lego sederhana untuk printer braille.”

Sepulang dari acara tersebut, Banerjee, anak yang baru duduk dibangku kelas tujuh Santa Clara, California ingin tahu apalah dia bisa membuat printer braille dengan harga murah. Ia pergi ke ritel Home Depot untuk membeli Lego Mindstorm EV3, permainan untuk merancang seharga US$ 350 atau setara Rp 4,14 juta.

Banerjee yang keturunan India ini belajar teknik dasar software dan hardware serta huruf braille, huruf khusus untuk tuna netra untuk membuat prototipe printer Braille dari Lego dan diberi nama Braigo.

LEAVE A REPLY