News.HargaTop.com – Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook beserta istrinya, Priscilla Chan, menyumbang dana USS 1 Miliar atau sekitar Rp 12 triliun untuk orang-orang yang tidak mampu. Akibat kedermawanan ini, Zuckerberg dinobatkan sebagai manusia paling dermawan di Amerika Serikat selama 2013.

Menurut surat kabar dwimingguan Chronicle of Philanthropy yang dikutip News.HargaTop.com, Senin (11/2/2014), Zuckerberg ada diurutan teratas dari 50 orang yang terdaftar paling dermawan versi Chronicle of Philanthropy selama 2013. Ke 50 dermawan ini telah memberikan sumbangan dengan total US$ 7,7 miliar (Rp 93 triliun) selama 2013, naik tipis 4 persen dari tahun lalu.

Posisi nomor dua adalah almarhum George Mitchell yang meninggal Juli lalu. Mitchell yang dulunya seorang pengusaha di bidang gas meninggalkan warisan sebesar US$ 750 juta dan disalurkan melalui yayasan keluarganya.

Zuckerberg dan Priscilla menyalurkan sumbangan dana mereka melalui yayasan Silicon Valley Community Foundation, yang bergerak dalam membantu warga lokal.

Diurutan ketiga, Pendiri Nike Inc, Phil Knight dan istrinya Penelpe, menyumbangkan US$ 500 juta untuk membantu penelitian obat kanker di Oregon Health & Science University Foundation.

SHARE

LEAVE A REPLY