News.HargaTop.com – Google yang sukses dengan kacamata pintar atau sering disebut Google Glass, kali ini membuat terobosan dengan mencoba menciptakan teknologi untuk membantu penderita penyakit Diabetes yang diberi nama Smart Contact Lens atau lensa kontak pintar.

Menurut Google yang dilansir dari blog resminya, Smart Contact Lens akan menggunakan chip yang sangat kecil, sensor dan antena. Lensa kontak pintar ini digunakan untuk mengukur kadar gula darah dalam air mata.

Adapun bentuknya seperti lensa kontak biasa dan digunakan seperti biasa layaknya lensa kontak pada umumnya. Hanya yang membedakan adalah teknologi yang dibenamkan di dalamnya yang menggunakan miniatur wireless dan sensor glukosa mini.

“Anda mungkin pernah mendengar bahwa diabetes merupakan masalah besar dan berkembang yang mengaruhi satu dari setiap 19 orang di planet ini. Tapi Anda mungkin tidak akrab dengan perjuangan mereka sehari-hari bahwa banyak penderita diabetes dan gula darah yang tidak terkontrol sehingga menempatkannya pada resiko komplikasi yang berbahaya, termasuk kerusakan pada mata, ginjal, dan jantung,” ujar Brian Otiz dan Babak Parviz, co-founder proyek Smart Contact Lens dalam keterangan tertulis.

Google bekerja sama dengan FDA, tapi masih diperlukan kerja keras untuk merubah sistem ini menjadi sebuah teknologi yang bisa digunakan. Mereka masih terus mencari para ahli yang mau bekerja sama untuk memasarkan produk seperti ini. Nantinya para ahli akan menggunakan teknologi mereka untuk smart contact lens dan membuat applikasi yang bisa mengukur kadar gula buat penggunanya dan dokter. (Sumber: googleblog.blogspot.com).

SHARE

LEAVE A REPLY